Proposal PKM-Kewirausahaan (Roti Bakar Psikologi)
LAPORAN KEMAJUAN
PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA
JUDUL PROGRAM
“ROTI BAKAR PSIKOLOGI”
BIDANG KEGIATAN
PKM-KEWIRAUSAHAAN
DIUSULKAN OLEH :
Deka Ayu Dea 1151569 (Tahun 2015)
Dyah Iswari 12515086 (Tahun 2015)
Fitria Muslimah 12515749 (Tahun 2015)
Indah Ayu Anisa 13515330 (Tahun 2015)
Muhamamad Ainul Basyir 14515472 (Tahun 2015)
Suci Pujiandri 16515694 (Tahun 2015)
UNIVERSITAS GUNADARMA
DEPOK
2017
PENGESAHAN LAPORAN KEMAJUAN PKM-KEWIRAUSAHAAN
1. Judul Kegiatan : ROTI BAKAR PSIKOLOGI
2. Bidang Kegiatan : PKM-Kewirausahaan
3. Ketua Pelaksana
a. Nama Lengkap : Muhammad Ainul Basyir
b. NPM : 14515472
c. Jurusan : Psikologi
d. Universitas : Universitas Gunadarma
e. Alamat Rumah dan No HP : Jalan jeruk no.52 Jagakarsa, Jakarta Selatan
f. Alamat e-mail : ainulbasyir@yahoo.co.id
4. Anggota Pelaksana Kegiatan/Penulis : 6 Orang
5. Dosen Pendamping
a. Nama Lengkap dan Gelar :
b. NIDN :
c. Alamat Rumah dan No Telp./HP :
6. Biaya Kegiatan Total
a. Dikti : Rp12.500.000
b. Sumber Lain (Modal Sendiri) : Rp
7. Jangka Waktu Pelaksanaan : 5 Bulan
Depok, 10 Oktober 2017
Menyetujui
Wakil/Pembantu Dekan/ Ketua Pelaksana Kegiatan
Ketua Jurusan/Departemen/Program Studi
Pembimbing Unit Kegiatan Mahasiswa
( ) ( Muhammad Ainul Basyir)
NIP/NIK. NPM. 14515472
Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Dosen Pendamping
( ) ( )
NIP/NIK. NIDN.
DAFTAR ISI
Halaman Sampul...............................................................................................
Lembar Pengesahan.......................................................................................... i
Daftar Isi.......................................................................................................... iii
Ringkasan......................................................................................................... 4
BAB I PENDAHULUAN............................................................................... 5
1. Latar Belakang........................................................................................ 5
2. Perumusan Masalah................................................................................. 5
3. Tujuan Program....................................................................................... 5
4. Luaran dan Manfaat yang Diharapkan................................................... 6
BAB II GAMBARAN UMUM RENCANA USAHA.................................. 7
1. Kondisi lingkungan................................................................................. 7
2. Sumber Daya dan Bahan Baku............................................................... 7
3. Promosi yang digunakan......................................................................... 7
4. Peluang Pasar.......................................................................................... 7
5. Strategi Pemasaran yang diharapkan...................................................... 8
BAB III METODE PELAKSANAAN DAN ANALISIS SWOT................ 9
1. Persiapan................................................................................................. 9
2. Uji Coba Pembuatan............................................................................... 9
3. Cara Pembuatan Roti Bakar Psikologi.................................................................. 9
4. Promosi dan Pemasaran Produk.............................................................. 10
5. Pembuatan dan penyerahan Laporan akhir............................................. 11
6. Analisis SWOT....................................................................................... 11
BAB IV BIAYA DAN JADWAL KEGIATAN............................................ 13
1. Anggaran Biaya...................................................................................... 13
2. Harga Produk.......................................................................................... 14
3. Perhitungan BEP Perunit........................................................................ 14
4. Jadwal Kegiatan...................................................................................... 14
RINGKASAN
Tujuan diadakannya program usaha ini adalah untuk meningkatkan kemampuan dan kreatifitas kami dalam menciptakan suatu hal yang baru, dapat berpikir panjang atau luas dalam menjalankan setiap kegiatan, serta membuka peluang atau kesempatan untuk mendapatkan keuntungan yang cukup besar dan melatih jiwa kewirausahaan yang sedikit banyak kami miliki agar lebihterampil, efektif, dan efisien dibidangkewirausahaan. Dalam Program Kreativitas Mahasiswa-Kewirausahaan (PKM-K), program yang akan kami ajukan ialah program usaha yang diberi nama “Roti Bakar Psikologi”.
Program usaha makanan yang kami buat berbahan dasar roti lembar yang kami panggang dengan butter berkualitas dengan isi yang bervariatif, selain itu konsep “Roti Bakar Psikologi” ini selain memberikan cita rasa yang lezat, kami menghadirkan ilmu psikologi dalam bentuk nama menu yang kami sediakan, serta kemasan yang menghadirkan tulisan yang berkaitan dengan psikologi. Sebagai bentuk pembelajaran kreatifitas mahasiswa di dalam mengasah dan mengaplikasikan ilmu kewirausahaan dan mengkombinasikannya dengan ilmu psikologi yang telah diberikan oleh dosen pengajar. Kami membuat program ini karena makanan tersebut juga banyak digemari dan disukai oleh semua orang baik dari kalangan anak-anak sampai orang dewasa, karena rasanya yang enak dan lezat terutama bagi kalangan mahasiswa yang menyukai makanan dengan varian unik.
Dengan keyakinan dan kerja cerdas yang kami lakukan usaha makanan ini akan berhasil, karena kami mengemas bentuk dan rasa yang berbeda dari produk tahu yang lain. Selain itu, usaha makanan roti bakar ini dapat membantu mahasiswa untuk memenuhi kebutuhan jajanan yang enak, lezat, dan higienis tanpa adanya bahan pengawet dengan fasilitas musik untuk merefleksikan nuansa hati ditengah penatnya tugas kuliah, makanan ringan yang berupa “Roti Bakar Psikologi” produksi kami pun bisa dapat dijadikan sahabat ngobrol dan diskusi untuk mencairkan suasana hati.
Maka dengan ide kreatif usaha ini kami membutuhkan kisaran dana untuk berwirausaha sebesar Rp 12.500.000 untuk keberlangsungan usaha makanan “Roti Bakar Psikologi” yang akan kami dirikan dan kemungkinan untuk kedepannya dapat kami kembangkan seiring perkembangan kewirausahaan yang selalu tumbuh dalam mensejahterakan perekonomian UKM (usaha kecil menengah) yang ada di Indonesia.
BAB 1. PENDAHULUAN
1.1. Latar Belakang
Roti adalah makanan yang terbuat dari tepung gandum yang mengandung banyak manfaat yang baik untuk kesehatan. .Makanan seperti ini, hanya kalangan dan orang-orang tertentu saja yang menyukai roti, Karena kebudayaan kita yang memprioritaskan nasi sebagai makanan pokok.
Disini dalam program kewirausahaan, kami menciptakan produk makanan yang diberi nama “Roti Bakar Psikologi” dengan alasan untuk memberikan kenikmatan menyantap roti, sekaligus memberi edukasi terhadap pembeli tentang ilmu psikologi. Serta menimbulkan pandangan baru tentang sumber karbohidrat sehat lain pengganti nasi.
Kami berharap dengan adanya inovasi makanan Roti ini ini, semua kalangan menyukai Roti. Selain itu makanan roti ini dapat menciptakan suasana kekeluargaan disaat santai maupun dalam berdiskusi. Mau hidup sehat, asyik dan cerdas dalam ilmu psikologi??? Konsumsi Roti Bakar Psikologi, makanan roti kreativitas kami dijamin tidak kecewa namun kecanduan sehingga menjadi pelanggan setia pada kami.
1.2. Perumusan Masalah
1. Bagaimana mengemas roti menjadi makanan yang bergizi dan berdaya ekonomis?
2. Bagaimana mempengaruhi masyarakat untuk gemar memakan roti?
1.3. Tujuan Program
Tujuan dibuatnya program ini adalah untuk melatih kemandirian berwirausaha.Untuk menciptakan jiwa dan mental dalam berwirausaha. Menghadirkan psikologi kepada konsumen dengan makanan roti nikmat. Dapat melatih kemampuan bekerja sama dalam tim. Dapat meningkatkan sosialisasi dengan masyarakat luas. Untuk melatih memanajemen dan memanfaatkan waktu, tenaga, dan biaya yang dikeluarkan.Dan untuk memenuhi kebutuhan makanan ringan yang enak dan lezat.
1.4. Luaran dan Manfaat yang Diharapkan
Luaran dan manfaat dari program yang dibuat dapat mengolah roti menjadi makanan yang diminati oleh banyak kalangan dengan menghadirkan ilmu psikologi. Dengan isi yang bervariasi, menciptakan cemilan yang lezat, enak, dan bergizi. Mampu memenuhi kebutuhan dan selera konsumen atau pelanggan. Mendapatkan keuntungan finansial yang dapat meningkatkan tarif kesejahteraan hidup.Mengembangkan UKM (Usaha Kecil Menegah) yang ada di Indonesia.
BAB 2. GAMBARAN UMUM RENCANA USAHA
2.1. Kondisi lingkungan
Di lingkungan masyarakat yang semakin konsumtif, dapat mempermudah kami dalam membuat produk ini, karena banyak orang-orang yang malas membuat makanan sendiri dan ingin langsung memakan-makanan yang siap saji saja yang praktis dan tidak ribet.Selain itu, di kampus-kampus umumnya menyukai roti bakar. Oleh karena itu, kami berinisiatif untuk membuka usaha makanan berupa roti bakar yang berbahan baku roti dengan isi yang bervariasi di dalam rotinya. Adapun produk yang akan kami pasarkan yaitu Roti isi cokelat nuttela, toblerne, ovomaltine, daging serta sosis dan lain sebagainya.
2.2. Sumber Daya dan Bahan Baku
Dalam pendirian usaha ini, sumber bahan baku utama adalah roti. Roti mudah ditemukan dimana saja, yang terbuat dari tepung gandum yang di giling secara halus dan dicetak. Roti yang akan kami pergunakan adalah Roti gandum lembar yang ukurannya besar berwarna coklat dan putih. Dan untuk isi rotinya kami isi cokelat nuttela, toblerne, ovomaltine, daging serta sosis dan lain sebagainya dengan inovasi rasa yang telah kami pelajari cara peracikan bumbu-bumbunya, dengan memiliki kualitas produk yang bagus dan dijamin higienis.
2.3. Lokasi Usaha
Untuk proses pembuatan produk ini kami membuat di rumah. Untuk lokasi usaha kami akan membuka stand di dalam kampus, di luar wilayah kampus, dan menyewa tempat di luar dengan tempat yang strategis, dekat dengan jalanan yang ramai, dan mudah diketahui oleh banyak orang.
2.4. Peluang Pasar
Melihat dari banyaknya produk-produk yang kami buat, serta kompetitor-kompetitor yang bergerak dibidang usaha yang sama dengan kreatifitas dan keunikannya masing-masing. Hal itu tidak membuat semangat kami menurun dalam berkreasi dan berinovasi. Kami menyiasatiproduk yang kami buat dengan inovasi yang berbeda dari produk-produk yang sudah ada. Yaitu, dengan inovasi rasa yang lebih enak dari rasa yang biasa sampai rasa yang begitu pedas, isi yang bervariasi, ukuran yang lebih besar, harga yang ekonomis, dan yang paling penting produk yang kami buat dijamin higienis tanpa memakai bahan pengawet atau bahan-bahan yang mengandung kadar kimia yang tinggi. Dengan ini, kami yakin produk yang kami miliki mampu bersaing dan laku dipasaran. Selain itu, kami memiliki banyak relasi yang dapat dijadikan pelanggan tetap.
2.5. Strategi Pemasaran yang diharapkan :
a) Kenali Pelanggan. Kami lebih mengutamakan apa yang diinginkan dan disukai oleh para pelanggan.
b) Melakukan Promosi Produk. Promosi yang akan kita gunakan dari mulut ke mulut dan juga melalui media massa seperti brosur dan pamflet.
c) Menentukan dan Memilih Lokasi yang Strategis. Memilih dan menentukan lokasi yang strategis, yang mudah dikenali dan diketahui keberadaan tempat jualan seperti di dekat jalan, di wilayah kampus atau di depan wilayah kampus, dan menyewa tempat.
d) Menggunakan Sarana Internet. Selain menggunakan brosur dan pamflet, kami juga memperkenalkan produk kami melalui media social seperti instagram, line, whatsapp, facebook, twitter, dan blogger.
3.1. Persiapan Bahan Baku, Peralatan dan Tempat Pemasaran
Pada tahap ini, yang pertama kami mempersiapkan bahan baku terlebih dahulu yang bahan utama dari produk kami yaitu roti. Roti yang kami pergunakan ada 2 jenis, yaitu roti putih dan roti coklat. Selain kedua bahan utama tersebut, kami juga mempersiapkan bahan-bahan lain untuk membuat isi dari tahu, isi cokelat nuttela, toblerne, ovomaltine, daging serta sosis dan lain sebagainya.
Selain mempersiapkan bahan-bahan, kami juga mempersiapkan peralatan-peralatan untuk mendukung dalam pembuatan Roti Bakar Psikologi yang terdiri dari gerobak, penggorengan, kompor, gas, spatula, box, baskom, pisau, talenan dan masih banyak lagi.
Untuk memasarkan produk, kami membuat promo di social media. sebelum memasarkannya kami mempersiapkan dan menentukan tempat terlebih dahulu, tempat yang paling strategis, ramai, dan mudah diketahui keberadaannya seperti dijalan-jalan, di dalam kampus atau diluar kampus, dan juga menyewa tempat.
3.2. Uji Coba Pembuatan
Pada tahap ini, kami melakukan uji coba pembuatan roti bakar psikologi. Tempat uji coba yaitu di rumah salah satu anggota kami.Uji coba pembuatan roti bakar psikologi kami lakukan selama tiga minggu agar kami dapat membuat dengan sebaik mungkin untuk membuatan racikan roti bakar tersebut agar rasanya pas dan enak.
3.3. Cara Pembuatan Roti Bakar Psikologi
Cara PembuatanRoti Bakar Psikologi ini, sangat mudah dilakukan dan pada umumnya sama seperti pembuatan Roti Bakar lain yang sudah diketahui.
Cara Pembuatan Roti Bakar Psikologi untuk membuat 10 buah Roti Bakar Psikologi.
¨ Membuat Bahan Kulit Roti Bakar Psikologi:
20 lembar roti gandum
1 buah butter
¨ Bahan Isi Roti Bakar Psikologi:
1 kaleng ovomaltine
1 kaleng nuttela
2 batang toblerone
½ kg daging cincang
¨ Cara Membuat Roti Bakar Psikologi:
1) Olesi lembaran roti dengan butter
2) Panaskan Teflon dengan butter
3) Masukan roti ke dalam teflon
4) Tunggu sampai bagian luar roti mengeras.
5) Olesi roti dengan aneka macam toping.
6) Setelah semuanya teroles tutup bagian roti, dengan bagian roti lainnya.
7) Biarkan toping meleleh, tekan bagian pinggir roti dengan garpu khusus.
8) Roti siap dihidangkan.
3.4. Promosi dan Pemasaran Produk
Target utama dalam mempromosikan dan pemasaran produk yang kami jual adalah orang dewasa dan remaja karena produk yang kami buat sangat digemari oleh kalangan orang dewasa dan remaja.Penjualan Roti Bakar Psikologi biasanya kami lakukan setelah aktivitas perkuliahan selesai.Untuk mempromosikan produk Roti Bakar Psikologi ini, yang pertama kami mempromosikan dari mulut ke mulut terutama dipromosikan kepada orang-orang terdekat terlebih dahulu. Sambil berjualan keliling dalam mempromosikannya, kami juga akan membuka stand penjualan di luar wilayah kampus dan di dalam kampus, meyewa tempat untuk membuka usaha ini.Dan menggunakan media seperti brosur, pamflet, media massa instagram, whatsapp, facebook, twitter, dan line.
3.5. Pembuatan dan penyerahan Laporan akhir
Setelah produk kami laku terjual, kami segera membuat laporan berdasarkan produk telah kami jual. Proses pembuatan laporan minimal dilakukan selama tiga minggu.
3.6. Analisis SWOT
Adapun analisis SWOT dalam usaha yang kami buat, diantaranya sebagai berikut :
3.6.1. Strength (Kekuatan)
Kekuatan dari produk yang kami buat yaitu :
a) Produk yang kami tawarkan tidak menggunakan bahan pengawet atau zat–zat kimia yang berbahaya lainnya.
b) Produk yang kami tawarkan merupakan makanan ringan dengan variasi rasa berbeda.
c) Produk yang kami tawarkan memiliki harga yang ekonomis yang dapat dijangkau oleh kalangan masyarakat terutama para pelajar.
3.6.2. Weakness (Kelemahan)
Kelemahan dari produk yang kami buat yaitu :
a) Produk yang kami tawarkan merupakan makanan yang sudah banyak dijual di tempat lain.
b) Produk yang kami tawarkan merupakan produk yang tidak tahan lama karena tanpa bahan pengawet dan mudah ditiru.
c) Harga bahan baku dan bahan-bahan lainnya yang tidak stabil selalu berubah-ubah, karena naik turunnya harga sembako atau BBM.
3.6.3. Opportunity (Peluang)
Peluang dari produk yang kami buat yaitu:
a) Melihat banyaknya masyarakat yang membutuhkan makanan atau cemilan disaat sedang tidak ingin memakan-makanan pokok, rotik bakar psikologi ini bisa menjadi alternatif sebagai makanan pengganti makanan pokok atau cemilan.
b) Karena roti bakar ini bisa dinikmati oleh semua usia dari yang muda sampai yang tua, maka sasaran pasarnya mencakup semua kalangan masyarakat terutama pelajar.
c) Kondisi masyarakat yang semakin konsumtif, dapat mempermudah memasarkan produk yang kami jual.
3.6.4. Threath (Hambatan)
a) Banyaknya kompetitor yang bergerak dibidang yang sama. Dan menjualnya dengan menggunakan bahan pengawet dengan harga jual yang sama atau bahkan lebih murah dibandingkan dengan produk yang kami buat tanpa menggunakan bahan pengawet atau zat–zat kimia yang berbahaya lainnya.
b) Produk yang kami buat mudah ditiru, sehingga banyak orang-orang yang nantinya tidak ingin membelinya, tetapi ingin membuatnya sendiri dirumah atau dijual kembali.
c) Apabila pelayanan dan kualitas yang kita berikan kepada konsumen kurang memuaskan, maka konsumenpun akan merasa kecewa, sehingga usaha ini akan terancam bangkrut.
BAB 4. BIAYA DAN JADWAL KEGIATAN
4.1. Anggaran Biaya
Secara sederhana, bisnis ini dapat dihitung dengan cara :
1. Biaya Peralatan 30%
Nama Peralatan
|
Jumlah
|
Harga Per-alat
|
Total Harga
|
Wajan Besar
|
1 buah
|
Rp. 100.000
|
Rp. 100.000
|
Spatula
|
2 buah
|
Rp. 6.000
|
Rp. 12.000
|
Baskom
|
3 buah
|
Rp. 10.000
|
Rp. 30.000
|
Pisau
|
2 buah
|
Rp. 25.000
|
Rp. 50.000
|
Gerobak
|
1 buah
|
Rp. 2.500.000
|
Rp. 2.500.000
|
Talenan
|
2 buah
|
Rp. 10.000
|
Rp. 20.000
|
Dispenser
|
1pcs
|
Rp. 274.000
|
Rp. 274.000
|
Box
|
5 buah
|
Rp. 20.000
|
Rp. 100.000
|
Kompor Gas
|
1 buah
|
Rp. 300.000
|
Rp. 300.000
|
Tabung Gas
|
3 buah
|
Rp. 150.000
|
Rp. 450.000
|
Blender
|
1 buah
|
Rp. 150.000
|
Rp. 150.000
|
Mesin Pendingin
|
1 buah
|
Rp. 2.000.000
|
Rp. 2.000.000
|
Bangku
|
3 buah
|
Rp. 20.000
|
Rp. 60.000
|
Saringan
|
1 buah
|
Rp. 6.000
|
Rp. 6.000
|
Total Biaya Tetap
|
Rp. 6.052.000
|
2. Biaya Habis Pakai
Bahan Roti Bakar
|
Unit
|
Harga Per-unit
|
Total Harga
|
Tepung Terigu
|
10 kg
|
Rp. 10.000 (Segitiga)
|
Rp. 100.000
|
Tepung Beras
|
5 kg
|
Rp. 6.000 (1/4)
|
Rp. 30.000
|
Garam
|
1 buah
|
Rp. 1.000
|
Rp. 1.000
|
Tepung Sagu
|
¼ kg
|
Rp. 3.000
|
Rp. 3.000
|
Gula
|
1 kg
|
Rp. 25.000
|
Rp. 25.000
|
Air
|
5 galon
|
Rp. 10.000
|
Rp. 50.000
|
SUB TOTAL Bahan Roti Bakar
|
Rp.209.000
| ||
Bahan Roti Bakar Psikologi
|
Unit
|
Harga Per-unit
|
Total Harga
|
Ayam Cincang
|
1 ekor
|
Rp35.000
|
Rp. 35.000
|
Sosis
|
5 bungkus
|
Rp15.000
|
Rp.75.000
|
Nutella
|
2 kg
|
Rp. 90.000
|
Rp. 180.000
|
Ovomaltine
|
2 kg
|
Rp.120.000
|
Rp. 240.000
|
Toblerone
|
10 buah
|
Rp. 25.000
|
Rp. 250.000
|
Kitkat Greentea
|
10 buah
|
Rp. 12.000
|
Rp. 120.000
|
Cokelat
|
3 toples
|
Rp. 20.000
|
Rp. 60.000
|
Keju
|
10 buah
|
Rp. 20.000
|
Rp.200.000
|
Minyak Goreng
|
2 liter
|
Rp15.000 (1 ltr)
|
Rp30.000
|
SUB TOTAL Bahan Isian Tahu
|
Rp. 1.190.000
| ||
Jumlah Bahan Habis Pakai
|
Rp. 1.399.000
|
3. Biaya Perjalanan
Material
|
Unit
|
Harga Per-unit
|
Total Harga
|
Transportasi untuk mengangkat perlengkapan dan peralatan produksi
|
Rp. 200.000
| ||
Ongkos Bensin
|
4 liter
|
Rp. 10.000
|
Rp. 40.000
|
SUB TOTAL
|
Rp. 240.000
|
4. Biaya Lain-lain ( Biaya Pendukung )
Material
|
Unit
|
Harga Per-unit
|
Total Harga
|
Banner
|
3x1 cm
|
Rp. 70.000
|
Rp. 70.000
|
Brosur
|
100 lbr
|
Rp. 2000
|
Rp. 200.000
|
Sewa Tempat
|
Untuk 5 bulan
|
Rp. 750.000 (untuk 1 bulan)
|
Rp. 3.750.000
|
Tenda Stand
|
1 pcs
|
Rp. 100.000
|
Rp. 100.000
|
Sounds System
|
1 buah
|
Rp. 50.000
|
Rp. 50.000
|
SUB TOTAL
|
Rp. 4.170.000
|
Total Pengeluaran = Biaya Peralatan + Biaya Bahan Habis Pakai + Biaya Transportasi + Biaya Lain-lain / Pendukung
Total Pengeluaran = Rp. 6.052.000 + Rp. 1.399.000 + Rp. 240.000 + Rp. 4.170.000
= Rp. 11.861.000
Sisa = Pemasukan – Pengeluaran
Sisa = Rp12.500.000 – Rp11.861.000 = Rp. 639.000
1. Harga Produk
Adapun prduk yang kami tawarkan memiliki harga yang bervariasi. Roti Bakar Psikologi yang isi sosis pedas harganya Rp. 5.000
2. Perhitungan BEP unit
Modal awal = Rp12.500.000
Total penjualan yang diinginkan / bln 50 pcs
30 hari * 15.000 = Rp. 7.000.000
Total biaya per bulan (bahan baku) Rp. Rp. 1.399.000
Laba bersih per bulan Rp. 5.601.000
Diperkirakan selama 5 bln kita dapat meraih BEP / feed back yaitu total pendapatan-modal awal : 28.005.000-12.500.000 = Rp. 15.505.000
Maka perhitungan pay back period selama 30 hari adalah Rp15.505.000
4.2. Jadwal Kegiatan
Kegiatan PKM ini, dilaksanakan selama 5 bulan. Rencana ini tertera pada tabel di bawah ini:
Tabel Rencana Jadwal Pelaksanaan Program
No
|
Kegiatan
|
Bulan I
|
Bulan II
|
Bulan III
|
Bulan IV
|
Bulan V
| |||||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
| ||
1.
|
Persiapan Bahan-bahan dan Peralatan
| ||||||||||||||||||||
2.
|
UjiCoba Pembuatan
| ||||||||||||||||||||
3.
|
Promosi
| ||||||||||||||||||||
4.
|
Pemasaran
| ||||||||||||||||||||
5.
|
Laporan Kegiatan Usaha
| ||||||||||||||||||||
6.
|
Penyerahan Laporan Akhir
|
LAMPIRAN-LAMPIRAN
LAMPIRAN 1. BIODATA KETUA
A. Identitas Diri
1
|
Nama Lengkap
|
Muhammad Ainul Basyir
|
2
|
Jenis Kelamin
|
Laki-laki
|
3
|
Program Studi
|
Psikologi
|
4
|
NIM
|
14515472
|
5
|
Tempat dan Tanggal Lahir
|
Jakarta, 5 Mei
|
6
|
E-mail
|
Ainulbasyir@yahoo.co.id
|
7
|
Nomor Telp/HP
|
087775256828
|
B. Riwayat Pendidikan
SD
|
SMP
|
SMA
| |
Nama Institusi
|
SDN 02 Pagi Jagakarsa
|
SMPN 175 Jakarta
|
SMAN 49 Jakarta
|
Jurusan
|
-
|
-
|
-
|
Tahun Masuk Lulus
|
2001-2007
|
2007-2010
|
2010-2013
|
C. Pemakalah Seminar Ilmiah (Oral Presentation)
No
|
Nama Pertemuan Ilmiah / Seminar
|
Judul Artikel Ilmiah
|
Waktu dan Tempat
|
1
| |||
2
| |||
3
|
D. Penghargaan Dalam 10 Tahun Terakhir (Dari Pemerintah, Asosiasi, atau Institusi Lainnya
No
|
Jenis Penghargaan
|
Institusi Pemberian Penghargaan
|
Tahun
|
1
| |||
2
| |||
3
|
Semua data yang saya isikan dan tercantum dalam biodata ini adalah benar dan dapat dipertanggungjawabkan secara hukum.Apabila dikemudian hari ternyata dijumpai ketidak-sesuaian dengan kenyataan, saya sanggup menerima sanksi.
Demikian biodata ini saya buat dengan sebenarnya untuk memenuhi salah satu persyaratan dalam pengajuan Hibah
Depok, 16 Oktober 2017
( Muhammad Ainul Basyir )
LAMPIRAN BIODATA ANGGOTA
A. Identitas Diri
1
|
Nama Lengkap
|
Indah Ayu Anisa
|
2
|
Jenis Kelamin
|
Perempuan
|
3
|
Program Studi
|
Psikologi
|
4
|
NIM
|
13515330
|
5
|
Tempat dan Tanggal Lahir
|
Jakarta, 11 Desember 1996
|
6
|
E-mail
| |
7
|
Nomor Telp/HP
|
081288726621
|
B. Riwayat Pendidikan
SD
|
SMP
|
SMA
| |
Nama Institusi
|
SDIT Al-Marjan
|
SMP Angkasa 03 Halim PK
|
SMAN 48 Jakarta
|
Jurusan
|
-
|
-
|
-
|
Tahun Masuk Lulus
|
2001-2007
|
2008-2010
|
2010-2013
|
C. Pemakalah Seminar Ilmiah (Oral Presentation)
No
|
Nama Pertemuan Ilmiah / Seminar
|
Judul Artikel Ilmiah
|
Waktu dan Tempat
|
1
| |||
2
| |||
3
|
D. Penghargaan Dalam 10 Tahun Terakhir (Dari Pemerintah, Asosiasi, atau Institusi Lainnya
No
|
Jenis Penghargaan
|
Institusi Pemberian Penghargaan
|
Tahun
|
1
| |||
2
| |||
3
|
Semua data yang saya isikan dan tercantum dalam biodata ini adalah benar dan dapat dipertanggungjawabkan secara hukum.Apabila dikemudian hari ternyata dijumpai ketidak-sesuaian dengan kenyataan, saya sanggup menerima sanksi.
Demikian biodata ini saya buat dengan sebenarnya untuk memenuhi salah satu persyaratan dalam pengajuan Hibah
Depok, 16 Oktober 2017
( Indah Ayu Anisa )
A. Identitas Diri
1
|
Nama Lengkap
|
Fitria Muslimah
|
2
|
Jenis Kelamin
|
Perempuan
|
3
|
Program Studi
|
Psikologi
|
4
|
NIM
|
12515749
|
5
|
Tempat dan Tanggal Lahir
|
Bogor, 31 Januari 1996
|
6
|
E-mail
| |
7
|
Nomor Telp/HP
|
B. Riwayat Pendidikan
SD
|
SMP
|
SMA
| |
Nama Institusi
|
SDI Pondok Duta
|
MTsN 4
|
SMAN 106 Jakarta
|
Jurusan
|
-
|
-
|
-
|
Tahun Masuk Lulus
|
2001-2007
|
2007-2010
|
2010-2013
|
C. Pemakalah Seminar Ilmiah (Oral Presentation)
No
|
Nama Pertemuan Ilmiah / Seminar
|
Judul Artikel Ilmiah
|
Waktu dan Tempat
|
1
| |||
2
| |||
3
|
D. Penghargaan Dalam 10 Tahun Terakhir (Dari Pemerintah, Asosiasi, atau Institusi Lainnya
No
|
Jenis Penghargaan
|
Institusi Pemberian Penghargaan
|
Tahun
|
1
| |||
2
| |||
3
|
Semua data yang saya isikan dan tercantum dalam biodata ini adalah benar dan dapat dipertanggungjawabkan secara hukum.Apabila dikemudian hari ternyata dijumpai ketidak-sesuaian dengan kenyataan, saya sanggup menerima sanksi.
Demikian biodata ini saya buat dengan sebenarnya untuk memenuhi salah satu persyaratan dalam pengajuan Hibah
Depok, 16 Oktober 2017
( Fitria Muslimah )
A. Identitas Diri
1
|
Nama Lengkap
|
Suci Pujiandri
|
2
|
Jenis Kelamin
|
Perempuan
|
3
|
Program Studi
|
Psikologi
|
4
|
NIM
|
16515694
|
5
|
Tempat dan Tanggal Lahir
|
Serang, 7 Maret 1997
|
6
|
E-mail
| |
7
|
Nomor Telp/HP
|
B. Riwayat Pendidikan
SD
|
SMP
|
SMA
| |
Nama Institusi
|
YPKS 6 Cilegon
|
SMPN 7 Cilegon
|
SMAIT Raudhatul Jannah
|
Jurusan
|
-
|
-
|
-
|
Tahun Masuk Lulus
|
2001-2007
|
2007-2010
|
2010-2013
|
C. Pemakalah Seminar Ilmiah (Oral Presentation)
No
|
Nama Pertemuan Ilmiah / Seminar
|
Judul Artikel Ilmiah
|
Waktu dan Tempat
|
1
| |||
2
| |||
3
|
D. Penghargaan Dalam 10 Tahun Terakhir (Dari Pemerintah, Asosiasi, atau Institusi Lainnya
No
|
Jenis Penghargaan
|
Institusi Pemberian Penghargaan
|
Tahun
|
1
| |||
2
| |||
3
|
Semua data yang saya isikan dan tercantum dalam biodata ini adalah benar dan dapat dipertanggungjawabkan secara hukum.Apabila dikemudian hari ternyata dijumpai ketidak-sesuaian dengan kenyataan, saya sanggup menerima sanksi.
Demikian biodata ini saya buat dengan sebenarnya untuk memenuhi salah satu persyaratan dalam pengajuan Hibah
Depok, 16 Oktober 2016
( Suci Pujiandri )
A. Identitas Diri
1
|
Nama Lengkap
|
Dyah Iswari
|
2
|
Jenis Kelamin
|
Perempuan
|
3
|
Program Studi
|
Psikologi
|
4
|
NIM
|
12515086
|
5
|
Tempat dan Tanggal Lahir
|
Jakarta, 23 Juni 1997
|
6
|
E-mail
| |
7
|
Nomor Telp/HP
|
B. Riwayat Pendidikan
SD
|
SMP
|
SMA
| |
Nama Institusi
|
SD Angkasa 12 Halim
|
SMPN 237 Jakarta
|
SMA Angkasa 2 Halim
|
Jurusan
|
-
|
-
|
-
|
Tahun Masuk Lulus
|
2001-2007
|
2007-2010
|
2010-2013
|
C. Pemakalah Seminar Ilmiah (Oral Presentation)
No
|
Nama Pertemuan Ilmiah / Seminar
|
Judul Artikel Ilmiah
|
Waktu dan Tempat
|
1
| |||
2
| |||
3
|
D. Penghargaan Dalam 10 Tahun Terakhir (Dari Pemerintah, Asosiasi, atau Institusi Lainnya
No
|
Jenis Penghargaan
|
Institusi Pemberian Penghargaan
|
Tahun
|
1
| |||
2
| |||
3
|
Semua data yang saya isikan dan tercantum dalam biodata ini adalah benar dan dapat dipertanggungjawabkan secara hukum.Apabila dikemudian hari ternyata dijumpai ketidak-sesuaian dengan kenyataan, saya sanggup menerima sanksi.
Demikian biodata ini saya buat dengan sebenarnya untuk memenuhi salah satu persyaratan dalam pengajuan Hibah
Depok, 16 Oktober 2016
( Dyah Iswari )
A. Identitas Diri
1
|
Nama Lengkap
|
Deka Ayu Dea
|
2
|
Jenis Kelamin
|
Perempuan
|
3
|
Program Studi
|
Psikologi
|
4
|
NIM
|
11515649
|
5
|
Tempat dan Tanggal Lahir
|
Jambi, 4 Februari 1998
|
6
|
E-mail
|
Dekaayu_dea@yahoo.com
|
7
|
Nomor Telp/HP
|
B. Riwayat Pendidikan
SD
|
SMP
|
SMA
| |
Nama Institusi
|
SD 13 Tanjabbar
|
SMPN 13 Tanjabbar
|
SMA Islam Alfalah Jambi
|
Jurusan
|
-
|
-
|
-
|
Tahun Masuk Lulus
|
2001-2007
|
2007-2010
|
2010-2013
|
C. Pemakalah Seminar Ilmiah (Oral Presentation)
No
|
Nama Pertemuan Ilmiah / Seminar
|
Judul Artikel Ilmiah
|
Waktu dan Tempat
|
1
| |||
2
| |||
3
|
D. Penghargaan Dalam 10 Tahun Terakhir (Dari Pemerintah, Asosiasi, atau Institusi Lainnya
No
|
Jenis Penghargaan
|
Institusi Pemberian Penghargaan
|
Tahun
|
1
| |||
2
| |||
3
|
Semua data yang saya isikan dan tercantum dalam biodata ini adalah benar dan dapat dipertanggungjawabkan secara hukum.Apabila dikemudian hari ternyata dijumpai ketidak-sesuaian dengan kenyataan, saya sanggup menerima sanksi.
Demikian biodata ini saya buat dengan sebenarnya untuk memenuhi salah satu persyaratan dalam pengajuan Hibah
Depok, 16 Oktober 2016
( Deka Ayu Dea )
LAMPIRAN 2. JUSTIFIKASI ANGGARAN KEGIATAN
1. Peralatan Penunjang
Material
|
Justifikasi Pemakaian
|
Kuantitas
|
Harga Satuan(Rp)
|
Jumlah (Rp)
|
Peralatan Penunjang 2
| ||||
Peralatan Penunjang 3
| ||||
Peralatan Penunjang n
| ||||
SUB TOTAL
|
2. Bahan Habis Pakai
Material
|
Justifikasi Pemakaian
|
Kuantitas
|
Harga Satuan(Rp)
|
Jumlah (Rp)
|
Material 2
| ||||
Material 3
| ||||
Material n
| ||||
SUB TOTAL
|
3. Perjalanan
Material
|
Justifikasi Pemakaian
|
Kuantitas
|
Harga Satuan(Rp)
|
Jumlah (Rp)
|
Perjalanan tempat/Kota-n
| ||||
Perjalanan tempat/Kota-n
| ||||
SUB TOTAL
|
4. Lain-lain
Material
|
Justifikasi Pemakaian
|
Kuantitas
|
Harga Satuan(Rp)
|
Jumlah (Rp)
|
Sebutkan
| ||||
Sebutkan
| ||||
SUB TOTAL
| ||||
TOTAL (Keseluruhan)
|
LAMPIRAN 3.SUSUNAN ORGANISASI TIM KEGIATAN dan PEMBAGIAN TUGAS
NO
|
Nama
|
Program Studi
|
Bidang Ilmu
|
Alokasi waktu (jam/minggu)
|
Uraian Tugas
|
1
|
Muhammad Ainul Basyir
|
Psikologi
| |||
2
|
Indah Ayu Anisa
|
Psikologi
| |||
3
|
Fitria Muslimah
|
Psikologi
| |||
4
|
Suci Pujiandri
|
Psikologi
| |||
5
|
Dyah Iswari
|
Psikologi
| |||
6
|
Deka Ayu Dea
|
Psikologi
|
LAMPIRAN 4. SURAT PERNYATAAN KETUA KEGIATAN
UNIVERSITAS GUNADARMA
SURAT PERNYATAAN KETUA PELAKSANA
Yang bertanda tangan di bawah ini:
Nama : Muhammad Ainul Basyir
Nama : Muhammad Ainul Basyir
NIM : 14515472
Program Studi : Psikologi
Fakultas : Psikologi
Dengan ini menyatakan bahwa proposal (PKM-Kewirausahaan) saya dengan Judul:
“Roti Bakar Psikologi”
Yang diusulkan untuk tahun anggaran 2017 bersifat original dan belum pernah dibiayai oleh lembaga atau sumber dana lain.
Bilamana dikemudian hari ditemukan ketidaksesuaian dengan pernyataan ini, maka saya bersedia dituntut dan diproses sesuai dengan ketentuan yang berlaku dan mengembalikan seluruh biaya penelitian yang sudah diterima ke kas negara.
Demikian pernyataan ini dibuat dengan sesungguhnya dan dengan sebenar-benarnya.
Depok, 10 Oktober 2017
Mengetahui,
Pembantu Rektor/Ketua Yang Menyatakan
Bidang Kemahasiswaan,
Materai Rp6.000
Tanda Tangan
(Nama Lengkap) (Muhammad Ainul Basyir)
NIP/NIK 14515472
Komentar
Posting Komentar